03 Aug

PTPU – Demi terwujudnya Visi Prodi Teknik Pertambangan UNISBA yaitu menghasilkan lulusan yang islami, Kompeten, Mandiri dan Terkemuka di Asia Tenggara, Prodi Teknik Pertambangan Unisba melaksanakan “Pelatihan Tersertifikasi” untuk seluruh Mahasiswa/i. Pelatihan tersebut bekerjasama dengan Balai Diklat Tambang Bawah Tanah – Kementrian ESDM, yang tertuang dalam Nota Kesepahaman / Memorandum of Understanding Nomor 02 PJ/05.08/BDT/2016 dan 497/71-2/IV/2016 dengan Konsteks Kerjasama dalam bentuk Pendidikan dan Pelatihan (Praktek Kerja) untuk seluruh mahasiswa/i yang ada di semester 5 dan dilaksanakan di Sawahlunto. Adapun Materi KKl berupa Praktik Pemboran, Praktik Penyanggaan, Praktik Safety, dan diakhiri dengan Kunjungan Lapangan ke PT. Semen Padang untuk melihat proses blasting pada tambang terbuka.

Kegiatan KKL 2016 ini, dilaksanakan selama 5 (Lima) hari, mulai tanggal 01 s/d 05 Agustus 2016 yang bertempat di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah bekerjasama dengan PT AIC dan PT. Semen Padang Sumatra Barat. Waktu tempuh perjalanan dari Kampus UNISBA menuju lokasi tersebut, memakan waktu 48 jam ( Perjalanan darat melalui lintas timur Sumatera).

Jumlah Peserta KKL tahun ini diikuti oleh 93 orang mahasiswa/I, yang di bagi dalam 4 kelompok ( 1 kelompok berjumlah 23 orang mahasiswa/i ) didampingi 1 orang dosen. Dosen Pembimbing yang ditugaskan untuk mendampingi kegiatan KKL sebangyak 4 orang. Beliau adalah Bpk. Ir. Solihin M.T,, Ibu. Ir. Sriyanti M.T, Bpk. Indra S.Pd., S.T., M.T dan Bpk. Rian. Amukti, S. Si., M.Sc.

Pada acara tersebut, Kepala Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Bpk. Bambang Priyatna Wijaya melalui website resmi BDTBT – ESDM memberikan sambutan “Mengharapkan Mahasiswa/i dapat menambah pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja dari sebagian pekerjaan yang harus dilakukan pada metode penambangan bawah tanah khususnya pada tambang batubara bawah tanah, untuk melengkapi pengetahuan tentang tambang bawah tanah yang sudah didapatkan di bangku kuliah sebelumnya.

(sumber:http://bdtbt.esdm.go.id/index.php/berita/kuliah-kerjalapangan-mahasiswa-universitas-islam-bandung-02 Agustus 2016). – ( Liputan : Rian Amukti, S. Si., M.Sc ).

Leave a Comment