• (022) 4203368 - Ext.313

29 Aug

Bandung, 25 Agustus 2017

Tambang UNISBA – Dalam rangkaian pelepasan wisudawan/ti Prodi Teknik Pertambangan UNISBA gelombang II tahun akademik 2016/2017, diselenggarakan Yudisium untuk calon Wisudawan/ti pada tanggal 25 Agustus 2017 di Hotel Gino Ferucci jalan Braga Bandung.

Yudisium adalah proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik. Yudisium juga berarti pengumuman nilai kepada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah di ambil mahasiswa  dan penetapan nilai dalam transkrip akademik, serta memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam menempuh studi selama jangka waktu tertentu, yang ditetapkan oleh pejabat berwenang yang dihasilkan dari keputusan rapat yudisium yang dipimpin oleh Ketua Prodi Teknik Pertambangan Unisba yang dihadiri oleh Seluruh Civitas akademik, para orang tua mahasiswa calon wisudawan/ti serta Ketua Ikatan Alumni Teknik Pertambangan Unisba.

aaa

Setelah pelaksanaan Yudisium ini, esok harinya tanggal 26 Agustus  2017 dilaksanakan pelantikan wisuda yaitu proses akhir dalam rangkaian kegiatan akademik pada perguruan tinggi. Sebagai tanda pengukuhan atas selesainya studi, diadakan prosesi pelantikan melalui rapat senat terbuka UNISBA. Upacara wisuda ini diadakan untuk semua lulusan program studi di UNISBA.

Di setiap tahunnya, UNISBA menyelenggarakan dua kali pelaksanaan upacara wisuda. Upacara ini berlangsung setiap bulan Februari dan Agustus. Syarat dan ketentuan wisuda diumumkan di masing-masing fakultas. Untuk masing-masing prosesi wisuda, rata-rata ada ribuan mahasiswa yang akan di melepas status kemahasiswaannya oleh Rektor/Ketua Senat UNIBA. Menurut HUMAS UNISBA, pada pelantikan wisuda UNISBA kali ini pengukuhan 1.251 sarjana baru Unisba, diantaranya 45 orang wisudawan/ti dari Program Studi Teknik Pertambangan UNISBA.

Prodi Teknik Pertambangan UNISBA pada Agustus 2017 ini meluluskan sebanyak 45 calon sarjana  dengan dengan kategori yudisium sebagai belikut :

      1. Memuaskan                                       :      7      orang
      2. Sangat Memuaskan                        :    36      orang
      3. TERPUJI (Cumlaude)                        :      2      orang

Untuk kategori Terpuji (Cumlaude) diraih oleh dua orang mahasiswa yaitu Revika Oktalia dengan IPK 3,8 dengan lama studi 3 Tahun 6 Bulan dan Gandang Noor Fawaz dengan IPK 3,61 dengan lama studi 3 Tahun 11 Bulan.

asasaasa

Ketua Prodi Teknik Pertambangan Unisba dalam sambutannya menyampaikan pada pelepasan wisudawan/ti prodi teknik pertambangan semester genap 2016/2017 meluluskan sebanyak 45 orang sarjana baru.

“Saya dan jajaran Civitas Akademika Prodi Teknik Pertambangan Unisba mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih dan semoga kedepan nya akan mengukir prestasi yang jauh lebih baik lagi. Teruslah belajar, tingkatkan kompetensi dan wawasan dan jaga nama baik almamater dengan tetap menjunjung prinsip Sarjana 3M.” ujar  ibu ami sapaan akrab untuk Kaprodi yang selalu memberikan semangat terus menerus kepada mahasiswa ini.

Menurut beliau, pelepasan sarjana baru prodi teknik pertambangan pada periode ini, merupakan lulusan terbanyak dalam 10 tahun terakhir, hal ini tidak terlepas dari beberapa program yang dilakukan prodi, baik dalam perubahan kutikulum serta berbagai MoU dengan perusahaan serta ikatan alumni. Sehingga dari target prodi untuk meluluskan minimal 40 calon sarjana per semester dengan masa studi maksimal 8 semster bisa terwujud.

Selain itu, Ketua IKA Tambang Unisba juga menyampaikan selamat dan sukses kepada calon wisudawan/ti, “Selamat datang di kehidupan sebenarnya, kepada calon alumni kalian sudah bisa bergabung kepada IKA Tambang Unisba, mari kita cintai almamater tercinta.” Ujar Himawan Nuryahya, Ketum IKA Tambang Unisba.

himawan“Bekerja di dunia pertambangan itu keras, jangan sampai baru kerja sebulan dua bulan udah kangen ‘mamah’ meminta cuti dan pulang. Jika kalian ingin bekerja di kalimantan itu banyak sekali alumni teknik pertambangan unisba, satu perusahaan bisa ada 10-12 orang alumni dari sini, dan biasanya untuk membangaun suatu hubungan kerja tidak sulit karena adanya alumni dan satu almamater. Sekali lagi Selamat dan sukses kepada para calon alumni.” ujar bang Aji sapaan akrab ketua IKA Tambang Unisba ini kepada seluruh hadirin yang hadir pada acara ini. Dalam acara ini, ketua IKA Tambang UNISBA juga memberikan cinderamata khusus untuk Calon Wisudawati dengan IPK tertinggi peraih Yudisium Cumlaude, Revika Oktalia berupa satu buah Iphone 7 32 GB sebagai bentuk apresiasi dari pencapaian terbaik dari mahasiswi itu.

yulPengumuman hasil Yudisium dilaksanakan oleh Koordinator Skripsi Prodi Teknik Pertambangan Unisba, Ir. Yuliadi, MT, yang menjelaskan seluruh prosesi akademik Skripsi dari mulai pendaftaran proposal skripsi, pembimbingan, sidang skripsi hingga sidang komprehensif sebagai syarat kelulusan Yudisium. Untuk kategori Yudisium memuaskan memiliki rentang IPK 2 – 2,74, Yudisium Sangat Memuaskan memiliki rentang IPK 2,75 – 3,50 dan Yudisium Terpuji (Cumlaude) memiliki rentang IPK > 3,51 dengan masa studi < 4 tahun.

Dalam hal ini, Koordinator Skripsi juga menyampaikan pada periode gelombang II tahun akademik 2016/2017 merupakan sejarah baru Prodi Teknik Pertambangan UNISBA dengan meluluskan calon sarjana terbanyak sepanjang sejarah di Prodi. Hal ini sangat berkaitan dengan mutu dan kualitas Pendidikan di UNISBA yang sudah sangat baik terbukti dalam Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari Badan Akreditasi Nasioanal Perguruan Tinggi (BAN-PT) DIKTI yang memperoleh peringkat “A”, suatu pencapaian yang luar biasa.

(red@yuliadi)

Leave a Comment