• (022) 4203368 - Ext.313

Program Studi Teknik Pertambangan UNISBA Mempunyai 4 Laboratorium, diantaranya sebagai berikut :

 

logo lab.geo polos 2


Laboratorium Geologi

Sejarah

Laboratorium Geologi didirikan pada tahun 1979 oleh Ir. Amin Abdullah. Hingga tahun 2016, telah terjadi pergantian Kasie (Kepala Seksi) Laboratorium sebanyak 6 kali. Saat ini posisi Kasie Laboratorium Geologi dijabat oleh Dr. Ir. Yunus Ashari, M.T, didampingi seorang Deni Mildan, S.T. sebagai Laboran.

Tugas Pokok dan Fungsi Laboratorium

Laboratorium Geologi bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang ilmu geologi serta kaitan dan aplikasinya dalam dunia pertambangan. Laboratorium Geologi memiliki slogan “Center of Exellency”. Ruang Praktikum dengan kapasitas 20 orang, Ruang Kasie (Kepala Lab), Ruang Asisten, Kompas Geologi, Palu Geologi, GPS, Lup, Komparator Batuan, dan ratusan sampel batuan dan mineral.

Sumber Daya Manusia

Saat ini (tahun ajaran 2016/2017) Laboratorium Geologi memiliki 13 orang tenaga asisten yang telah lulus mata kuliah Geologi Umum, Kristalografi, Mineralogi, dan Petrologi, dan Geologi Struktur serta memenuhi persyaratan lain yang sesuai dengan kualifikasi akademik Asisten Laboratorium Geologi.

geo

Kegiatan Laboratorium

Saat ini Laboratorium Geologi melaksanakan 3 kegiatan praktikum, yaitu Geologi Umum (semester II), Kristalografi, Mineralogi dan Petrologi (semester III), dan Geologi Struktur (semester IV). Praktikum Geologi Umum memberikan gambaran geologi secara umum serta hubungannya dengan dunia pertambangan. Praktikum Kristalografi, Mineralogi dan Petrologi bertujuan untuk mengenalkan praktikan pada sifat-sifat fisik kristal, mineral, dan batuan, prosedur pendeskripsian, dan analisisnya. Adapun praktikum Geologi Struktur mempelajari tentang bentuk arsitektur batuan dalam wujud struktur geologi (lipatan, kekar, dan sesar) dan analisisnya. Pada setiap akhir semester dilaksanakan ekskursi ke berbagai lokasi untuk memberikan gambaran langsung kondisi geologi di lapangan.

LOGO LAB


Laboratorium Eksplorasi

Sejarah

Laboratorium Eksplorasi pada periode 2000-2013 berada di Gedung Kuliah Bersama Universitas Islam Bandung, JL. Tamansari no.1 Ruang 305 dan 307. Kepala Laboratorium pada periode ini adalah A. Machali M., M.Sc. Pada periode 2013-2015 Laboratorium Eksplorasi direlokasi ke Lantai Dasar Gedung Fakultas Kedokteran Unisba. Perpindahan periode ini tidak diikuti dengan perpindahan ruang dosen. Kepala Seksi Laboratorium pada periode ini adalah Dudi Nasrudin Usman, S.T., M.T. Laboratorium Eksplorasi direlokasi kembali pada tahun 2015-Sekarang ke Gedung KHEZ. Muttaqin Lt.3 namun dengan akses masuk dari Gedung Kuliah Bersama di akses tangga menuju lantai 3. Pada periode ini Kepala Seksi Laboratorium adalah Ir. Solihin, M.T dan Laboran Laboratorium adalah M. Imam Agadinata W., S.T.

Tugas Pokok dan Fungsi Laboratorium

Menyelenggarakan kegiatan praktikum dengan menyediakan peralatan pendukung praktikum, Sumberdaya Manusia dan Fasilitas Kegiatan Praktikum. Adapun praktikum yang diselenggarakan di Laboratorium Eksplorasi adalah:

  1. Perpetaan (Ilmu Ukur Tanah dan Tambang) (Semester 1)
  2. Teknik Eksplorasi (Semester 6)

Dalam rangka menjaga kualitas pengajaran praktikum serta melakukan pengembangan keilmuan khususnya dibidang perpetaan dan Teknik eksplorasi diadakan kegiatan pemantapan dengan pemateri baik dosen pengampu matakuliah maupun dosen yang bidangnya berkaitan dengan praktikum. Kegiatan pemantapan rutin diadakan setiap hari rabu mulai pukul 09.00-14.00 di ruang Diskusi Laboratorium Eksplorasi dengan peserta asisten laboratorium dan mahasiswa Teknik pertambangan FT-Unisba yang tertarik untuk mendalami bidang Perpetaan dan Teknik Eksplorasi.

Sumber Daya Manusia

aga

Struktur Organisasi Laboratorium

Kegiatan Laboratorium

Kegiatan yang dilaksanakan di laboratorium eksplorasi meliputi kegiatan praktikum di kelas dan di lapangan. Kagiatan praktikum di kelas diadakan selama 3 jam per shift pengajaran dan sebanyak 7 shift perminggu. Jumlah Shift perminggu menyesuaikan dengan jumlah praktikan yang mengikuti kegiatan praktikum.
Kegiatan lapangan dilakukan di kampus II Unisba, Ciburial, Kabupaten Bandung untuk Praktikum Perpetaan dan di KP. PT. Mas Rusyati Abadi Kampung Ciseuti, Desa Tajur Sindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta dengan komoditas Emas.
Kegiatan Praktikum perpetaan menggunakan peralatan pengukuran tambang seperti Kompas Geologi, Theodolith, Waterpas dan Total Station.
Kegiatan lapangan praktikum eksplorasi dilakukan dengan menggunakan konsep tahapan eksplorasi dari eksplorasi langsung dengan menggunakan pemetaan, pembuatan parit uji dan deskripsi data core.

tmb


Laboratorium Tambang

Sejarah

Laboratorium Tambang Unisba didirikan pada bulan april tahun 1995 dibawah Prodi Teknik Pertambangan dengan penggagasnya adalah bapak Ir. Zaenal, M.T. Adapun Kasie Laboratorium Tambang Unisba atau penganggung jawab Laboratorium tambang yang sekarang menjabat adalah Bapak Ir. Zaenal, M.T. Praktikum yang diajarkan di laboratorium tambang unisba saat ini adalah : geomekanika, ventilasi tambang, teknik peledakan, dan pengolahan bahan galian.

Tugas Pokok dan Fungsi Laboratorium

Menyelenggarakan kegiatan praktikum dengan menyediakan peralatan pendukung praktikum, Sumberdaya Manusia dan Fasilitas Kegiatan Praktikum. Adapun praktikum yang diselenggarakan di Laboratorium Tambang adalah :

  • Pratikum Geomekanika
  • Pengolahan Bahan Galian
  • Teknik Peledakan
  • Ventilasi Tambang

Sumber Daya Manusia

asa

Struktur Organisasi Laboratorium

Kegiatan Laboratorium

Kegiatan yang dilaksanakan di laboratorium tambang meliputi kegiatan praktikum di kelas dan di lapangan. Kagiatan praktikum di kelas diadakan selama 3 jam per shift pengajaran dan sebanyak 7 shift perminggu. Jumlah Shift perminggu menyesuaikan dengan jumlah praktikan yang mengikuti kegiatan praktikum.

 

Logo lab perencanaan


Laboratorium Perencanaan dan Simulasi Tambang

Sejarah

           Laboratorium Perencanaan dan Simulasi Tambang awalnya bergabung dengan Laboratorium Tambang pada Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Islam Bandung, Namun pada tahun 2004 karena adanya perubahan kurikulum dan adanya kebutuhan lab tersendiri maka terpecahlah lab tersendiri menjadi Laboratorium Perencanaan dan Simuliasi Tambang hingga saat ini. Kepala Laboratorium awalnya dijabat oleh Ir. Zainal, M.T. lalu pada tahun 2004 dijabat oleh Ir. Dono Guntoro, M.T. kemudian pada tahun 2007 kepala laboratorium dijabat oleh Dr., Ir. Yunus Ashari, M.T. dan pada tahun 2012 - sekarang jabatan Kepala Laboratorium Perencanaan dan Simulasi Tambang (Kasie Lab) dijabat oleh Ir. Yuliadi M.T. dan Laboran dijabat oleh Annas S.

Tujuan dan Fungsi Laboratorium

       Laboratorium Perencanaan dan Simulasi Tambang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang ilmu mengenai Perencanaan Tambang, Membuat dan Mendesain Tambang dan Membuat Simulasi Perancangan dan Perencanaan Tambang dengan menggunakan perangkat lunak (software). Software yang digunakan untuk pratikum diantaranya :

  • Maptek Vulcan
  • Mincom Minescape
  • Phase 2 dan Geoslope
  • Autocad
  • Slide dan Rocklab
  • Arcgis
  • XPac dan Surpac

Sumber Daya Manusia

sturktur

Struktur Organisasi Laboratorium

Kegiatan Laboratorium

Untuk menjaga kualitas pengajaran praktikum serta melakukan pengembangan keilmuan khususnya dibidang Perencanaan dan Perancangan Tambang diadakan kegiatan pemantapan untuk staf asisten dengan pemateri baik dosen pengampu matakuliah maupun dosen yang bidangnya berkaitan dengan praktikum. Kegiatan pemantapan rutin diadakan setiap hari Sabtu dan Rabu mulai pukul 19.00-21.00 di Ruang Praktikum.