• (022) 4203368 - Ext.313

logo lab.geo polos 2


Laboratorium Geologi

          Laboratorium Geologi didirikan pada tahun 1979 oleh Ir. Amin Abdullah. Laboratorium geologi berdiri bersamaan dengan Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Islam Bandung pada tahun yang sama. Hingga tahun 2016, telah terjadi pergantian Kasie (Kepala Lab) sebanyak 6 kali. Saat ini posisi Kasie Laboratorium Geologi dijabat oleh Dr. Ir. Yunus Ashari, M.T.

         Laboratorium Geologi bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang ilmu geologi serta kaitan dan aplikasinya dalam dunia pertambangan. Laboratorium Geologi memiliki slogan “Center of Exellency”. Ruang Praktikum dengan kapasitas 20 orang, Ruang Kasie (Kepala Lab), Ruang Asisten, Kompas Geologi, Palu Geologi, GPS, Lup, Komparator Batuan, dan ratusan sampel batuan dan mineral.

        Saat ini Laboratorium Geologi melaksanakan 3 kegiatan praktikum, yaitu Geologi Umum (semester II), Kristalografi, Mineralogi dan Petrologi (semester III), dan Geologi Struktur (semester IV). Praktikum Geologi Umum memberikan gambaran geologi secara umum serta hubungannya dengan dunia pertambangan. Praktikum Kristalografi, Mineralogi dan Petrologi bertujuan untuk mengenalkan praktikan pada sifat-sifat fisik kristal, mineral, dan batuan, prosedur pendeskripsian, dan analisisnya. Adapun praktikum Geologi Struktur mempelajari tentang bentuk arsitektur batuan dalam wujud struktur geologi (lipatan, kekar, dan sesar) dan analisisnya. Pada setiap akhir semester dilaksanakan ekskursi ke berbagai lokasi untuk memberikan gambaran langsung kondisi geologi di lapangan.