• (022) 4203368 - Ext.313

Logo lab perencanaan


Laboratorium Perencanaan dan Simulasi Tambang

Sejarah

           Laboratorium Perencanaan dan Simulasi Tambang awalnya bergabung dengan Laboratorium Tambang pada Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Islam Bandung, Namun pada tahun 2004 karena adanya perubahan kurikulum dan adanya kebutuhan lab tersendiri maka terpecahlah lab tersendiri menjadi Laboratorium Perencanaan dan Simuliasi Tambang hingga saat ini. Kepala Laboratorium awalnya dijabat oleh Ir. Zainal, M.T. lalu pada tahun 2004 dijabat oleh Ir. Dono Guntoro, M.T. kemudian pada tahun 2007 kepala laboratorium dijabat oleh Dr., Ir. Yunus Ashari, M.T. dan pada tahun 2012 – sekarang jabatan Kepala Laboratorium Perencanaan dan Simulasi Tambang (Kasie Lab) dijabat oleh Ir. Yuliadi M.T. dan Laboran dijabat oleh Annas S.

Fasilitas Laboratorium

Laboratorium Perencanaan dan Simulasi Tambang memiliki fasilitas sebagai berikut :

  • Ruang Kepala Laboratorium (Kasie Lab);
  • Ruang Laboran dan Staf Asisten;
  • Ruang Dosen;
  • Ruang Pratikum ber-AC dengan kapasitas 20 orang;
  • Perangkat Komputer untuk menunjang Praktikan dengan spesifikasi Minimal Core i5 Generasi ke 5, RAM minimal 8 GB dan VGA Menggunakan GTX NVIDIA di Laboratorium Perencanaan dan Simulasi Tambang.

denaaah

Laboratorium Perencanaan dan Simulasi Tambang melaksanakan kegiatan pratikum hanya pada semester ganjil dengan 2 sistem kredit semester (2 SKS) sehingga jadwal praktikum per shift diadakan 2 kali dalam 1 minggu dimana 1 shift diadakan dalam waktu 3 jam. Kegiatan pratikum sendiri berfokus pada memberikan gambaran untuk mendesain, membuat dan merencanakan simulasi tambang dengan menggunakan perangkat lunak dan aplikasi pendukung.