• (022) 4203368 - Ext.313

sg-10

Pengertian mahasiswa secara harfiah adalah adalah seseorang yang belajar setelah menamatkan Sekolah Menengah ke Atas (SMA) dan mengambil jurusan yang mereka senangi untuk mengembangkan bakatnya di sekolah tinggi, institute, universitas, akademi maupun di perguruan tinggi, Mereka dipersiapkan untuk menjadi sarjana yang berintelektulitas tinggi sesuai dengan bidangnya masing-masing serta mentaati tata tertib maupun ketentuan-ketentuan lainnya. Semakin tinggi mahasiswa dalam menuntut ilmu di perguruan tinggi akan semakin linier dan spesifik terhadap ilmu pengetahuan yang digelutinya.

Kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan di bentuk sebagai wahana untuk membangun karakter pemimpin yang berjiwa Islami, kreatif dan inovatif dengan berwawasan masa depan yang sesuai dengan kemajuan /perkembangan teknologi pertambangan yang berlaku secara global. Organisasi kemahasiswa ini dibentuk pada tingkat Universitas, fakultas, dan jurusan fungsi sebagai sarana dan wadah untuk menampung dan menyalurkan serta mengatualisasikan kreatifitas dan potensi mahasiswa, sehingga mampu menciptakan Lulusan yang memiliki keterampilan yang handal ditambah dengan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna yang berlandaskan iman dan takwa.

pengembangan potensi jatidiri mahasiswa sebagai insan akademis,calon ilmuwan dan intelektual yan berguna di masa depan pengembangan pelatihan keterampilan organisasi,manajemen dan kepemimpinan mahasiswa pembinaan dan pengembangan kader-kader bangsa yang dalam melanjutkan kesinambungan pembangunan nasionaluntuk memelihara dan mengembangkan ilmu dan teknologi yang dilandasi oleh norma-norma agama, akademis, etika, moral dan wawasan kebangsaan. Diantara fungsi organisasi tersebut, fungsi pengembangan keterampilan organisasi dan kepemimpinan mahasiswa merupakan hal yang penting. Hal ini disebabkan mahasiswa, selain calon ilmuwan, juga calon pemimpin bangsa di masadepan. Mahasiswa adalah sebagian kecil dari generasi muda yang nanti diharapkan sebagai pemimpin. Olehkarena itu, perlu dipersiapkan secara serius, terpola, terukur dan sistematik.